Pemakaman Almarhum Peltu Mar Hudan Anggota Yon Arhanud-2 Surabaya di Kulon Progo - SUARA MERDEKA

Friday, June 14, 2019

Pemakaman Almarhum Peltu Mar Hudan Anggota Yon Arhanud-2 Surabaya di Kulon Progo

 Pemakaman Almarhum Peltu Mar Hudan Anggota Yon Arhanud-2 Surabaya di Kulon Progo


SUARAMERDEKA.CO.ID ■ Rabu siang (12/06/19), bertempat di Dusun Kasihan 1 Desa Ngentakrejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dilaksanakan Upacara Pesemayaman dan Pemakaman Secara Militer Almarhum Peltu Mar Hudan, NRP. 82539, anggota Yon Arhanud-2 Mar, Menart-2 Mar, Pasmar 2 Surabaya, yang meninggal dunia pada Rabu, (12/06/19), pukul 01.45 WIB, di Rumah Sakit Wiyung Surabaya, karena sakit.

Upacara Persemayaman dilaksanakan di rumah duka, dengan Inspektur Upacara Letkol Mar Kusno Eko Haryanto (Danyon Arhanud 2 Mar), Komandan Upacara Kapten Mar Firmansyah (Danrai A Batalyon Arhanud 2 Mar), Perwira Upacara Lettu Mar Ari Agus (Pasipers Batalyon Arhanud 2 Mar). Peserta upacara terdiri dari Regu Sangkakala Lanmar Surabaya, 1 SST bersenjata Personel Kodim 0731/Kulon Progo, 1 SST bersenjata Personel Menart 2 Marinir Surabaya dan 1 SST Personel Deputasi Lanal Yogyakarta.

Upacara Pesemayaman diawali dengan penyerahan jenazah almarhum Peltu Mart Hudan dari perwakilan keluarga kepada Inspektur Upacara, untuk dilaksanakan pemakaman secara militer.

Irup dalam sambutannya mengatakan bahwa : atas nama Pimpinan TNI AL menyampaikan ikut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya, serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga keluarga yang ditinggalkan tetap teguh iman dan diberi kekuatan dalam menghadapi cobaan ini, selanjutnya marilah kita menghantarkan almarhum ke tempat peristirahatan yang terakhir.

Selesai Upacara Persemayaman, jenasah almarhum Peltu Mar Hudan diusung/diberangkatkan menuju TPU Kyai Mondoroko, Dusun Kasihan 1, Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo, yang terletak dibelakang rumah duka, untuk dilaksanakan Upacara Pemakaman.

Pada Upacara Pemakaman, dibacakan Riwayat Hidup singkat almarhum, pembacaan Apel Persada dan penghormatan dengan tembakan salvo saat penurunan jenasah almarhum ke liang lahat.

Penimbunan liang lahat secara simbolis dilaksanakan oleh Irup, kemudian dilanjutkan oleh perwakilan keluarga dan petugas makam, serta peletakkan karangan bunga oleh Irup

Selama hidupnya almarhum selalu menunjukkan tutur kata dan budi pekerti yang baik, almarhum juga memiliki prestasi dan dedikasi yang baik, dalam pengabdian dan pengorbanan kepada bangsa dan negara. Untuk itulah saya mengajak hadirin, untuk bersama-sama mendo'akan semoga arwah almarhum diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa, serta diampuni semua dosa-dosanya dan kita yang ada disini tetap mengenang jasa-jasa almarhum kepada bangsa dan negara.

Selaku Inspektur Upacara dan atas nama negara dan bangsa, dengan ini saya menyampaikan ikut belasungkawa yang sedalam-dalamnya, serta memohon kepada Tuhan, semoga keluarga yang ditinggalkan tetap teguh iman dan diberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini, tak lupa saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun material, sehingga pelaksanaan pemakaman dapat terlaksana dengan lancar dan tertib. Mudah-mudahan semua amal baik saudara-saudara sekalian mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Prosesi pemakaman diakhiri dengan do'a, dilanjutkan dengan penghormatan terakhir kepada almarhum Peltu Mar Hudan serta penyerahan Bendera Merah Putih oleh Irup kepada ahli waris, yang diterima oleh orangtua almarhum.

■ Dea Ananda /rls

BERITA LAINNYA

Loading...

BERITA TERBARU

© Copyright 2018 SUARA MERDEKA | All Right Reserved