Wabup Sanjaya Hadiri Pemelaspasan Gong Banjar Adat Pasekan Baleran, Dajan Peken - SUARA MERDEKA

Selasa, 09 April 2019

Wabup Sanjaya Hadiri Pemelaspasan Gong Banjar Adat Pasekan Baleran, Dajan Peken

Wabup Sanjaya Hadiri Pemelaspasan Gong Banjar Adat Pasekan Baleran, Dajan Peken

Wabup Sanjaya Hadiri Pemelaspasan Gong Banjar Adat Pasekan Baleran, Dajan Peken

SUARAMERDEKA.CO.ID ■ Upacara Pemelaspasan merupakan tradisi yang diwariskan turun-temurun oleh masyarakat Hindu di Bali. Seperti halnya setelah membangun rumah, dilaksanakan upacara pemelaspasan. Bukan saja rumah, benda yang mempunyai nilai sakral dan manfaat pun diplaspas, seperti Gong, Topeng dan lainnya.

Upacara melaspas bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan benda ataupun bangunan baru secara niskala sebelum digunakan atau ditempati. Upacara Melaspas juga dilakukan dengan tujuan agar terciptanya ketenangan dan kedamaian sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diiginkan.

Seperti halnya kali ini, Senin, (8/4), Banjar Pekraman Pasekan Baleran, Desa Dajan Peken, Tabanan menggelar Upacara Pemlaspasan Gong yang dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Camat Tabanan Putu Arya dan Tokoh Masyarakat.

“Saya yang dalam hal ini mewakili Pemerintah Kabupaten Tabanan sangat menyambut baik sekali, dengan apa yang telah dilaksanakan masyarakat Saya di Pasekan Baleran terhadap pelestarian seni, adat dan budaya,” ucap Wabup Sanjaya di sela-sela sehabis acara.

Dikatakannya bahwa masyarakat Pasekan seni budayanya sangat luar biasa, salah satunya banyak seniman yang lahir di Pasekan. “Seniman yang handal harus dibarengi dengan ornament pendukung yang bagus dan berkualitas. Maka dari itu kami di Pemerinah Kabupaten Tabanan berusaha untuk mengayomi masyarakat dalam rangka menjaga seni, adat dan budaya di Tabanan,” jelasnya.

Ketika ada alat yang bagus untuk megambel, tambah Wabup Sanjaya nantinya akan betul-betul seni itu dilestarikan apalagi gambelan mampu menampilkan atau mengeluarkan suara yang begitu harmonis yang menenangkan jiwa. Gambelan dikatakannya  juga sangat banyak fungsinya, disamping untuk seni dan budaya, juga gambelan dipakai sebagai sarana pendukung di dalam kita (Hindu Bali) melaksanakan Upacara Yadnya.

“Maka dari itulah, Saya di Pemerintah Daerah sangat mensupport apa yang menjadi keinginan masyarakat Saya dalam rangka menjaga seni, adat dan budaya kita, khususnya di Tabanan,” bebernya.

Sebelumnya, IB. Alit Ketua Panitia kegiatan yang juga selaku kelian Adat Banjar Pasekan Baleran mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Tabanan terhadap Masyarakat Pasekan Baleran. “Ten surut-surut manah tiang ngucapin terima kasih kepada Wabup Sanjaya. Suksma atas bantuan Pemerintah Kabupaten Tabanan beserta pihak terkait lainnya,” ucapnya.

Dirinya berharap agar Pemerintah selalu mebantu dan mendukung pembangunan yang dilakukan oleh masyarakatnya. “Besar harapan kami agar Wakil Bupati beserta undangan yang hadir agar bisa membantu krama titiang bukan hanya sekarang, tapi kedepannya kami tak akan lepas dari uluran tangan Pemerintah dan pihak terkait,” harapnya.

■ Made Asnawa

Loading...

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2018 SUARA MERDEKA | All Right Reserved