Kapolres Lumajang Apresiasi Gerak Cepat Tim Tagana Atasi Pohon Tumbang Akibat Puting Beliung - SUARA MERDEKA HARI INI

Monday, February 18, 2019

Kapolres Lumajang Apresiasi Gerak Cepat Tim Tagana Atasi Pohon Tumbang Akibat Puting Beliung

Kapolres Lumajang Apresiasi Gerak Cepat Tim Tagana Atasi Pohon Tumbang Akibat Puting Beliung


SUARAMERDEKA.CO.ID ■ Hujan disertai angin puting beliung akibatkan beberapa pohon tumbang di jalur Timur Banyuputih, Kecamatan Jatiroto yang merupakan jalur menuju arah Jember dari Kabupaten Lumajang.

Tim Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kabupaten Lumajang mendapat informasi dari warga dan relawan BPBD bahwa ada pohon tumbang yang memutus akses jalan antar kota tersebut.  Beruntung pada saat kejadian,  tidak memakan korban dan tidak mengakibatkan kerusakan materiil.

Akhirnya Tim Satgas Siaga Bencana BPBD dan Tagana segera datang ke lokasi pohon tumbang untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam waktu 15 menit saja, akhirnya pohon tumbang tersebut dapat teratasi karena kesigapan dan kelengkapan alat-alat untuk membersihkan pohon tumbang dari jalan raya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, tim bersama warga melakukan buka tutup arus secara bergantian guna menghindari kemacetan sembari menunggu pemotongan dan pemindahan pohon tersebut dari jalan raya, arus lalu lintas dapat berjalan secara kondusif tanpa harus adanya penumpukan kendaraan di tempat pohon tumbang tersebut.

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH, menuturkan hujan deras disertai angin kencang telah membuat pohon tersebut tumbang dengan posisi melintang di tengah jalan, sehingga membuat akses jalan raya  tertutup total. Namun hanya memakan waktu sebentar saja jalan sudah dapat dibuka kembali berkat kekompakan dan kelengkapan peralatan yang digunakan.

“Saya sangat mengapresiasi gerak cepat Tim Satgas Siaga Bencana karena berhasil mengatasi pohon tumbang tersebut dengan waktu yang singkat sehingga aktifitas masyarakat tidak terganggu dan terhambat,” ujar Arsal.

Sementara itu, Tagana Lumajang ikut serta dalam penanganan akibat rumah yang tertimpa pohon tumbang, serta mendata rumah yang terkena dampak dari kejadian tersebut.

“Jangan sampai warga yang kesusahan menjadi lebih susah lagi, apa yang di butuhkan mendesak agar dapat segera dilaporkan ke instansi, baik ke Dinas Sosial maupun lintas dinas,” kata Eko selaku koordinator Tagana Lumajang.

Dia juga mengatakan bahwa di Lumajang selain angin puting beliung juga ada kejadian banjir akibat luapan air sungai di daerah Yosowilangun. (rls)

Read other related articles

Loading...

Also read other articles

© Copyright 2018 SUARA MERDEKA HARI INI | All Right Reserved