2 Kecamatan Terdampak Banjir Bandang di Mojokerto - SUARAMERDEKA.CO.ID

Sabtu, 19 Januari 2019

2 Kecamatan Terdampak Banjir Bandang di Mojokerto

 2 Kecamatan Terdampak Banjir Bandang di Mojokerto


SUARAMERDEKA.CO.ID ■ Hujan deras yang mengguyur wilayah Mojokerto lebih dari dua jam, mengakibatkan sejumlah sungai di lereng Gunung Penanggungan meluap. Sejumlah rumah di Kecamatan Ngoro, rusak diterjang banjir bandang.

Pantauan hingga Sabtu dinihari tadi (19/1), Banjir bandang terjadi di Kecamatan Ngoro Mojokerto, khususnya di Desa Wotanmas Jedong menjelang pukul 18.00 WIB. Luapan air disertai material batu dan lumpur, menerjang perkampungan warga. Sejumlah rumah rusak parah.

Selain di Kecamatan Ngoro, wilayah Kecamatan Gondang dan Kecamatan Pacet juga diterjang banjir bandang.

Sementara seorang warga Dsn.Watusari Ds.Wotanmas Jedong bernama Ipunk melaporkan bahwa Kecamatan yang terdampak banjir dan Longsor, Ngoro desa Watusari Jedong, RS, Sumber Glagah Pacet, Slawe Dlanggu, Kutisari Gedangan Kutorejo, Banyulegi Dawar, dan Kalikatir Gondang.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto dan para relawan, masih melakukan upaya penanganan dan pendataan wilayah terdampak banjir bandang.

Belum ada keterangan resmi dari BPBD Kabupaten Mojokerto terkait kerusakan maupun korban jiwa. Namun dikabarkan sedikitnya ada dua rumah dan kandang ternak di Desa Wotanmas Jedong yang rusak parah.

Selain di Kecamatan Ngoro, wilayah Pacet juga tak luput dari terjangan banjir bandang. Banjir menerjang perkampungan warga dan jalan raya.

Sementara di Kecamatan Trawas, wilayah yang diterjang banjir di antaranya Desa Seloliman, terutama di wilayah perbatasan Dusun Biting dan Dusun Balekambang.

"Paling parah di wilayah perbatasan Duaun Biting dan Balekambang. Tapi belum tahu ada korban apa tidak," kata Sisyantoko, warga Trawas.

Luasan Banjir bandang juga menerjang Rumahsakit Kusta (RSK) Sumber Glagah, di Desa Sumber Glagah, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (18/1/2019) malam.

Dilansir dari video info lantas mojokerto, nampak banjir bandang menerjang rumasakit milik Pemprov Jawa Timur (Jatim) itu. Dalam video tersebut, terlihat air bah mengalir deras ke berbagai ruangan di RSK Sumber Glagah.

Derasnya aliran air, nampak memasuki hampir seluruh ruangan RSK Sumber Glagah. Padahal, rumahsakit pelat merah ini berada di dataran tinggi. Diduga, banjir ini disebabkan aliran air dari lereng gunung yang tak mampu terserap ke tanah.

Belum diketahui secara pasti kondisi RSK Sumber Glagah yang terkena banjir bandang. Karena akses dari Pacet menuju Mojokerto atau sebaliknya tersendat. Terlebih, air mengalir di jalanan begitu deras, sehingga membahayakan pengguna jalan.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 SUARAMERDEKA.CO.ID | All Right Reserved