Sudah 20 Kali Beraksi, Jambret Spesialis Kalung Emas Emak-Emak Ditangkap - SUARAMERDEKA.CO.ID

Tuesday, December 18, 2018

Sudah 20 Kali Beraksi, Jambret Spesialis Kalung Emas Emak-Emak Ditangkap

  Sudah 20 Kali Beraksi, Jambret Spesialis Kalung Emas Emak-Emak Ditangkap


SUARAMERDEKA.CO.ID ■ Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes berhasil membekuk seorang pelaku spesialis jambret kalung emas milik emak-emak di wilayah Pantura, pada Senin 17 Desember 2018.

Lantaran melawan petugas saat akan ditangkap, pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas yang bersarang di kaki sebelah kiri. Di hadapan polisi, pelaku menangis tersedu-sedu hingga sempat diminta petugas untuk diam.

Sebelum ditangkap, pelaku bernama Akhmad Jamaludin (24) telah beraksi sedikitnya di delapan lokasi berbeda di wilayah pantura Brebes dan sekitarnya. Terakhir kali, pelaku yang juga warga Siwuluh Bulakamba Brebes ini beraksi di wilayah Desa Grinting Bulakamba. Saat itu, seorang ibu-ibu sedang membeli sarapan bubur pagi-pagi di dekat kediamannya dengan mengendarai sepeda.

Di tengah perjalanan, korban diikuti seorang pemuda bertato di lengan tangan mengendarai sebuah sepeda motor vixion. Kemudian, tak lama kemudian pelaku memepetnya dan menarik kalung hingga korban tersungkur.

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui KBO Reskrim Iptu Triyatno mengatakan, pelaku ditangkap tim Resmob gabungan unitreskrim Bulakamba dan Wanasari di sebuah tempat persembunyiannya di Siwuluh Bulakamba.

“Berdasarkan hasil penyelidikan, kasus dugaan pencurian disertai kekerasan atau pelaku jambret. Dia (pelaku) sudah beraksi 8 kali di wilayah Brebes,” ucap Triyatno.

Untuk modusnya, pelaku mengincar korban ibu-ibu yang sedang berjalan kaki, naik sepeda ataupun naik sepeda motor seorang diri.

“Sasarannya ibu-ibu yang menggunakan kalung emas. Kalau sudah lengah pelaku langsung memepet korban dan menarik kalung yang melingkar di leher untuk kemudian kabur menggunakan sepeda motor,” katanya.

Bahkan, beberapa korban di antaranya mengalami luka-luka akibat terjatuh saat menjadi korban jambret pelaku. Sedangkan hasil kejahatan berupa kalung emas dijual pelaku di sejumlah pedagang emas emperan kaki lima di wilayah Tegal.

“Pelaku diancam dengan pasal 365 KUHP dengan kurungan pidana 9 tahun penjara,” tegasnya.

Hasil Kejahatan Buat Hiburan Malam

Sedangkan pelaku Akhmad Jamaludin mengaku lupa berapa kali melakukan aksi jambret dengan sasaran emak-emak. “Lupa berapa kali melakukan itu, mungkin 20 kali di beberapa lokasi berbeda. Saya melakukannya sendirian, pernah dengan teman paling dua kali saja,” aku Akhmad Jamaludin.

Hasil penjualan kejahatan pelaku berupa sejumlah kalung emas, kata dia, di jual ke pedagang emas emperan di wilayah Tegal. “Terakhir saya jual Rp 4 juta, uangnya buat senang-senang hiburan malam. Karaoke dan mabuk-mabukan,” pungkasnya. (sumber: PP)

Read other related articles

Loading...

Also read other articles

© Copyright 2018 SUARAMERDEKA.CO.ID | All Right Reserved