Kemenperin Gandeng IMIP Gelar Diklat 3 in 1 Industri Logam

Kemenperin Gandeng IMIP Gelar Diklat 3 in 1 Industri Logam


SUARAMERDEKA.CO.ID ■ Kementerian Perindustrian dan PT Indonesia Morowali Industrial Park(IMIP) sepakat menjalin kerja sama dalam upaya mencetak tenaga kerja kompeten untuk memenuhi kebutuhan sektor industri logam. Kolaborasi ini sejalan dengan program prioritas Making Indonesia 4.0, di antaranya membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sesuai perkembangan zaman dan permintaan pasar saat ini.

Kesepakatan kedua belah pihak tersebut ditandai melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyiapan SDM Industri Logam Melalui Pendidikan dan Pelatihan Industri. MoU diteken oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar dan Managing Director PTIMIP Hamid Mina di Jakarta, Selasa (4/12).

“Dalam kaitan mendorong pertumbuhan industri, ada tiga faktor utama yang menopang, yakni modal atau investasi, teknologi, dan SDM. Pembangunan SDM memang memerlukan waktu, maka itu harus butuh proses untuk menghasilkannya,” papar Haris.

Sekjen menjelaskan, ruang lingkup Nota Kesepahaman itu meliputi pelatihan industri baja berbasis kompetensi dengan sistem 3in1 (pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penempatan kerja). Selain itu dapat melakukan kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak. Masa berlaku MoU ini selama satu tahun sejak ditandatangani.

“Kami akan memfasilitasi pelatihan berbasis kompetensi tentang industri baja kepada 1000 calon tenaga kerja dengan sistem 3in1.Kami juga akan menyelenggarakan dan mengembangkan program vokasi industri logam,” tuturnya. Sedangkan, pihak IMIP, akan menyiapkan profil kompetensi dan kebutuhan SDM di sektor industri logam.

Haris menegaskan, Kemenperin terus memfasilitasi tumbuhnya unit pendidikan vokasi di kawasan industri. Selain untuk memasok kebutuhan tenaga kerja, tujuannya juga menjadi pemacu daya saing industri di wilayah tersebut. Misalnya, yang telah dibangun adalah Politeknik Industri Logam Morowali yang menjadi pusat inovasi teknologi dan pengembangan produk berbasis nikel.

“Upaya itu sebagai bagian program yang diminta oleh Bapak Presiden kepada Kemenperin. Jadi, diklat 3 in 1 yang dilaksanakan di setiap Politeknik atau Akademi Komunitas tidak hanya untuk program D2 sampai D3, tetapi juga untuk D1 yang dilaksanakan di perusahaan,” ungkapnya.

Guna menyiapkan tenaga kerja terampil, sejak tahun lalu, Kemenperin juga telah meluncurkan program pendidikan vokasi yang link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan industri di beberapa wilayah Indonesia. Dalam program merevitaliasi SMK ini, Kemenperin sudah menggandeng sebanyak 609 industri dan 1.753 SMK.

“Tantangan saat ini adalah industri sedang berkembang pesat, sementara SMK yang ada dari 14 ribuan, hanya 12-15 persen yang bisa jadi rujukan. Apalagi rata-rata peralatan praktik sudah tua dan kurikulum tidak sesuai lagi dengan dunia industri sekarang. Selain itu, dari 60 ribu guru SMK, hanya 20 ribuan yang produktif,” imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Haris, pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan vokasi menjadi insentif nonfiskal bagi industri dalam menerima tenaga kerja terampil yang siap kerja. “Dari program vokasi yang sudah kami luncurkan di enam wilayah dan akan terus berjalan, sebanyak 34 program studi sudah diselaraskan, serta guru-guru SMK dikirim magang di industri dan pelatihan ke luar negeri seperti Singapura,” ujarnya. Kemenperin pun memfasilitasi bantuan infrastruktur dan peralatan ke sejumlah SMK.

Hamid menyampaikan, pihaknya mengapresiasi langkah Kemenperin yang semakin gencar menggulirkan program pendidikan dan pelatihan vokasi. Hal ini akan sangat dirasakan manfaatnya oleh para pelaku industri yang membutuhkan tenaga kerja kompeten dan profesional. “Selain itu, apabila tenaga kerja kita sudah mampu atau kompeten, tentu akan menggantikan tenaga kerja asing yang ada,” katanya.

Kawasan Industri Morowali akan membutuhkan tenaga kerja langsung sebanyak 25 ribu orang dengan jenjang pendidikan D-III dan D-IV pada tahun 2025. Bahkan, kawasan yang sebagian besar diisi pabrik smelter berbasis nikel tersebut, diproyeksi mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 80 ribu orang.

Keahlian SDM dari dalam negeri yang masih perlu didorong melalui diklat 3in1, antara lain perawatan mesin, kelistrikan, dan metalurgi. “Saat ini, karyawan Indonesia yang sudah bekerja di Kawasan Industri Morowali mencapai 30 ribu orang. Sedangkan, tenaga kerja asing sekitar 3.200 orang yang rata-rata skill mereka digunakan di bagian produksi, karena teknologinya dibawa langsung dari China,” ungkapnya.

 ■ Gehaes / Rls

COMMENTS

Nama

ARTI MIMPI,5,BISNIS,95,FATWA ULAMA,2,GAYA HIDUP,2,Ilmu Karomah,6,Ilmu Pengasihan,7,Info Animisme,5,Info Ghaib,6,Info Kejawen,11,Info Klenik,11,Info Mistik,6,Info Palmistry,4,Info Paranormal,8,Info Primbon,26,Info Ramalan,4,Info Tahyul,3,Inside SUARA MERDEKA,201,Jaringan IT,2,JARINGAN USAHA UMMAT,8,KESEHATAN,9,KRIMINAL,28,MASJID,21,MENUJU ISTANA,16,MITOS,6,NASIONAL,53,OLAH RAGA,19,OPINI,11,PETUAH,45,PETUAH BIJAK,9,PETUAH GURU,28,PETUAH IT,8,PETUAH PAHLAWAN,8,PETUAH SEHAT,14,PETUAH ULAMA,28,PETUAH WALI,13,PETUAH WANITA,10,PETUAH ZAKAT,4,POLITIK,16,SEPUTAR MASJID,6,SERBA SERBI,62,SUPRANATURAL,4,TAFSIR MIMPI,3,TIPS HIJAB,1,TNI POLRI,182,
ltr
item
SUARA MERDEKA: Kemenperin Gandeng IMIP Gelar Diklat 3 in 1 Industri Logam
Kemenperin Gandeng IMIP Gelar Diklat 3 in 1 Industri Logam
Kemenperin Gandeng IMIP Gelar Diklat 3 in 1 Industri Logam
https://4.bp.blogspot.com/-hu5uj623kG8/XAioAvzFbAI/AAAAAAAABe8/QuhdN8lpDHozSdFPeYc21mb6j3g0bbr1QCLcBGAs/s640/nt.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-hu5uj623kG8/XAioAvzFbAI/AAAAAAAABe8/QuhdN8lpDHozSdFPeYc21mb6j3g0bbr1QCLcBGAs/s72-c/nt.jpg
SUARA MERDEKA
https://www.suaramerdeka.co.id/2018/12/kemenperin-gandeng-imip-gelar-diklat-3.html
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/2018/12/kemenperin-gandeng-imip-gelar-diklat-3.html
true
7626371693356800895
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KANAL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy