Panglima TNI : TNI Berorientasi Pada Kepentingan Rakyat

Panglima TNI : TNI Berorientasi Pada Kepentingan Rakyat


SUARAMERDEKA.co.id ■ TNI sejatinya adalah angkatan perang yang profesional, modern dan tangguh, namun TNI tidak dapat lepas dari peranannya yang berorientasi pada kepentingan rakyat dalam wujud politik negara yang telah digariskan oleh pemerintah dan dipilih secara konstitusional. 

Demikian sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. di hadapan peserta Forum Komunikasi dan Koordinasi Nasional dan Regional antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah serta Organisasi Kemasyarakatan yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri RI, bertempat di Redtop Hotel and Convention Center, Jl. Pecenongan No. 72, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

“Berbagai tugas yang diberikan kepada TNI, baik yang berdimensi untuk perang maupun selain perang, keduanya memiliki derajat kepentingan yang sama dan harus dilaksanakan secara profesional, militan dan penuh kesungguhan serta keikhlasan,” ujarnya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, tema “Partisipasi dan Peranserta Organisasi Kemasyarakatan Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Dalam Bingkai NKRI” yang diangkat dalam acara tersebut sangatlah tepat, dimana sejalan perkembangan lingkungan strategis saat ini, baik pada lingkup global maupun regional disertai perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi, yang berdampak pada perubahan diberbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya Panglima TNI menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu dicermati bersama, diantaranya perlu memelihara dan meningkatkan soliditas, sinergitas dan harmonisasi secara bersinergi, terintegrasi, dan berkesinambungan antara seluruh komponen bangsa, termasuk TNI,  Polri, Pemda dan Ormas, sebagai bagian dari wujud memperkuat persatuan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.  “Mari kita bangun dan kuatkan kembali karakter bangsa Indonesia yang memiliki kebanggaan dan jiwa nasionalisme serta patriotisme yang tinggi,” tegasnya.

Di sisi lain Panglima TNI mengatakan bahwa era globalisasi dapat merubah tataran global dengan sangat dinamis diiringi timbulnya berbagai fenomena baru dan kompetisi global.  Kondisi ini biasa dikenal dengan istilah vuca world yang menggambarkan suatu kondisi yang terjadi di dunia, yang tidak stabil, tidak pasti dan sangat kompleks serta menimbulkan penafsiran ganda yang dapat menimbulkan keraguan, kekaburan, serta ketidakjelasan.

“Di dalam vuca world terdapat vuca time yang meliputi volatility (perubahan yang terjadi secara cepat tanpa prediksi kekinian/pola yang jelas), uncertainty (seringnya terjadi perubahan, dimana masa lalu tidak dapat dijadikan sebagai alat prediksi masa depan), complexcity (banyak permasalahan/penyebab-penyebab kasus yang saling bergantung satu sama lain) dan ambiguity (sedikit kejelasan tentang kenyataan atau kebenaran),” jelasnya.

Untuk mengantisipasi dampak dari vuca world ini, maka dalam tiap kegiatan sangat diperlukan adanya langkah-langkah koordinasi yang baik, sehingga  tujuan yang diinginkan dapat tercapai secara optimal. “Begitu pula upaya kita menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI sangat perlu dikoordinasikan secara baik oleh seluruh komponen bangsa, termasuk TNI, Polri, Pemda dan berbagai Ormas,” tuturnya.

 ■ Rasyid / Puspen TNI


COMMENTS

Nama

ARTI MIMPI,5,BISNIS,75,FATWA ULAMA,2,GAYA HIDUP,2,Ilmu Karomah,6,Ilmu Pengasihan,7,Info Animisme,5,Info Ghaib,6,Info Kejawen,11,Info Klenik,11,Info Mistik,6,Info Palmistry,4,Info Paranormal,8,Info Primbon,26,Info Ramalan,3,Info Tahyul,3,Inside SUARA MERDEKA,165,Jaringan IT,2,JARINGAN USAHA UMMAT,6,KESEHATAN,9,KRIMINAL,19,MASJID,17,MENUJU ISTANA,10,MITOS,6,NASIONAL,46,OLAH RAGA,12,OPINI,11,PETUAH,45,PETUAH BIJAK,9,PETUAH GURU,26,PETUAH IT,8,PETUAH PAHLAWAN,7,PETUAH SEHAT,14,PETUAH ULAMA,27,PETUAH WALI,13,PETUAH WANITA,10,PETUAH ZAKAT,4,POLITIK,15,SEPUTAR MASJID,6,SERBA SERBI,45,SUPRANATURAL,4,TAFSIR MIMPI,3,TIPS HIJAB,1,TNI POLRI,150,
ltr
item
SUARA MERDEKA: Panglima TNI : TNI Berorientasi Pada Kepentingan Rakyat
Panglima TNI : TNI Berorientasi Pada Kepentingan Rakyat
Panglima TNI : TNI Berorientasi Pada Kepentingan Rakyat
https://4.bp.blogspot.com/-rYIfIWy7upE/W-IA8V-z87I/AAAAAAAAA7o/JGHbSHsy2FMxSEqMvaQooiuLpAKpMMOcgCLcBGAs/s640/2%2B%25282%2529.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-rYIfIWy7upE/W-IA8V-z87I/AAAAAAAAA7o/JGHbSHsy2FMxSEqMvaQooiuLpAKpMMOcgCLcBGAs/s72-c/2%2B%25282%2529.jpg
SUARA MERDEKA
https://www.suaramerdeka.co.id/2018/11/panglima-tni-tni-berorientasi-pada.html
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/2018/11/panglima-tni-tni-berorientasi-pada.html
true
7626371693356800895
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KANAL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy