RI-Selandia Baru Perluas Kemitraan Industri Otomotif

RI-Selandia Baru Perluas Kemitraan Industri Otomotif


SUARAMERDEKA.co.id ■ Indonesia dan Selandia Baru berkomitmen untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral hingga dua kali lipat minimal dalam empat tahun ke depan, salah satunya melalui kerja sama di sektor industri. Pada tahun 2017, nilai perdagangan kedua negara mencapai NZ $ 1,76 miliar (sekitar Rp17,6 triliun) yang ditargetkan bakal menjadi NZ $ 4 miliar (Rp40 triliun).

“Yang akan kami dorong, misalnya mereka bisa membuka pasar untuk otomotif dan komponen dari Indonesia, kemudian mereka mengembangkan dairy product di Indonesia. Nah, ini yang bisa dilakukan dan kami yakin trade-nya bisa naik,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters di Jakarta, Kamis (4/10).

Menperin menjelaskan, Pemerintah Indonesia tengah memacu produktivitas dan daya saing industri otomotif guna memenuhi kebutuhan di pasar domestik dan ekspor. Langkah ini sesuai implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0.

“Selama ini, Indonesia sudah mengekspor produk otomotif ke Asean, Timur Tengah hingga Amerika Latin. Kami melihat, pasar otomotif di Australia dan Selandia Baru sangat bagus. Apalagi posisi lokasinya lebih dekat,” paparnya.

Kementerian Perindustrian memproyeksi, produsen otomotif di Indonesia akan ekspor kendaran dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) hinggamenembus 250 ribu unit pada tahun 2018.

“Sejumlah industri otomotif di dalam negeri telah menyatakan komitmennya untuk menambah investasi, tenaga kerja, dan ekspor,” sebut Airlangga.

Selanjutnya, Indonesia membuka peluang bagi Negeri Kiwi untuk meningkatkan investasinya, terutama di sektor industri pengolahan susu. Pasalnya, industri pengolahan susu merupakan salah satu sektor andalan bagi Selandia Baru. Mereka menjadi investor dan pengekspor produk susu terbesar dunia, termasuk ke Indonesia.

“Contohnya, Fonterra yang telah menanamkan modalnya di Indonesia sebesar Rp735 miliar (NZ $ 36 juta) sejak tahun 2015 lalu,” ungkapnya.

Pembangunan pabrik pengolahan susu di Bekasi, Jawa Barat adalah realisasi investasi terbesar perusahaan tersebut di kawasan Asean dalam satu dekade terakhir.

Di samping itu, menurut Menperin, Selandia Baru memiliki kekuatan teknologi dalam pengembangan industri makanan dan minuman. Upaya yang diharapkan, yakni dapat terjadinya transfer teknologi guna mendongkrak daya saing  industri makanan dan minuman nasional di era digital.

“Kedua negara berminat menjalin kemitraan di sektor industri makanan dan minuman karena sama-sama dikaruniai sumber daya alam yang melimpah,” terangnya.

Apalagi, bagi Indonesia, industri makanan dan minuman konsisten memberikan kontribusi besar bagi pereknomian nasional, tercermin dari sumbangsih terhadap PDB industri pengolahan nonmigas mencapai 35,87 persen.

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Trevor Matheson menyampaikan, pihaknya melihat peluang besar bagi Selandia Baru untuk berkontribusi dan mendukung Indonesia dalam pengembangan di bidang teknologi. Saat ini, Selandia Baru sedang menerapkan solusi inovatif di sektor manufaktur fast-moving consumer goods (FMCG), termasuk pembangunan dan konstruksi untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas.

“Perusahaan-perusahaan Selandia Baru serius mengembangkan kemitraan dengan Indonesia untuk mendorong penerapan teknologi di semua sektor, termasuk manufaktur. Apalagi saat ini kita berupaya masuk ke era revolusi industri 4.0 dengan peralihan teknologi inovatif sebagai hal yang vital,” jelasnya.

Perluasan kemitraan antara Indonesia dan Selandia Baru menjadi momen penting dalam rangka merayakan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negera. Kerja sama bilateral telah didukung dengan adanya Kawasan Perdagangan Bebas Asean – Australia – Selandia Baru (AANZFTA).

 ■ Gehaes / R



COMMENTS

Nama

ARTI MIMPI,5,BISNIS,71,FATWA ULAMA,2,GAYA HIDUP,2,Ilmu Karomah,6,Ilmu Pengasihan,7,Info Animisme,5,Info Ghaib,6,Info Kejawen,11,Info Klenik,11,Info Mistik,6,Info Palmistry,4,Info Paranormal,8,Info Primbon,26,Info Ramalan,3,Info Tahyul,3,Inside SUARA MERDEKA,157,Jaringan IT,2,JARINGAN USAHA UMMAT,6,KESEHATAN,9,KRIMINAL,17,MASJID,14,MENUJU ISTANA,10,MITOS,6,NASIONAL,44,OLAH RAGA,11,OPINI,11,PETUAH,45,PETUAH BIJAK,9,PETUAH GURU,25,PETUAH IT,8,PETUAH PAHLAWAN,7,PETUAH SEHAT,14,PETUAH ULAMA,26,PETUAH WALI,13,PETUAH WANITA,10,PETUAH ZAKAT,4,POLITIK,14,SEPUTAR MASJID,6,SERBA SERBI,43,SUPRANATURAL,4,TAFSIR MIMPI,3,TIPS HIJAB,1,TNI POLRI,149,
ltr
item
SUARA MERDEKA: RI-Selandia Baru Perluas Kemitraan Industri Otomotif
RI-Selandia Baru Perluas Kemitraan Industri Otomotif
RI-Selandia Baru Perluas Kemitraan Industri Otomotif
https://2.bp.blogspot.com/--50Dj72m0vA/W7YKcQYy4qI/AAAAAAAAAbA/NG-CM1ujmTAHiEC3wZnmX1qLpNVMVcUCwCLcBGAs/s640/a1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/--50Dj72m0vA/W7YKcQYy4qI/AAAAAAAAAbA/NG-CM1ujmTAHiEC3wZnmX1qLpNVMVcUCwCLcBGAs/s72-c/a1.jpg
SUARA MERDEKA
https://www.suaramerdeka.co.id/2018/10/ri-selandia-baru-perluas-kemitraan.html
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/2018/10/ri-selandia-baru-perluas-kemitraan.html
true
7626371693356800895
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KANAL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy