Personel Kogasgabpad Droping Air Bersih Untuk Warga Lombok

Personel Kogasgabpad Droping Air Bersih Untuk Warga Lombok


SUARAMERDEKA.co.id ■ Prajurit TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) rehabilitasi dan rekonstruksi Nusa Tenggara Barat pasca gempa bumi masih terus  memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terdampak gempa baik yang di wilayah Lombok maupun Sumbawa.

Kegiatannya antara lain merobohkan dan membersihkan rumah dan bangunan yang rusak akibat gempa hingga memastikan siap untuk dibangun kembali, membantu pengiriman logistik, memberikan pelayanan kesehatan, pendampingan pemulihan trauma dan mendorong kebutuhan air bersih ke permukiman dan tempat pengungsian warga yang membutuhkan.

Seperti yang dilaksanakan oleh prajurit dari Yonbekang 1 Kostrad yang tergabung Kogasgabpad Sektor-1 dengan mobil tangki melaksanakan pengisian dan pendistribusian air bersih ke Dusun Jeringo Timur, Desa Jeringo Kecamatan Gunungsari dan Desa Batulayar, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (4/10/2018).

INFO PENTING: Prof Ryaas Rasyid:  7 Faktor Domestik yang Bisa Membuat Jokowi Kalah di Pilpres 2019 

Kedatangan mobil pengangkut air bersih dari Kogasgabpad sangat ditunggu-tunggu oleh warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih keluarganya. Pengiriman air bersih di Sektor-1 Lombok ini dilakukan setiap hari dengan menggunakan 2 mobil tangki berkapasitas 4.000 liter dan 8.000 liter ditambah perkuatan mobil pengangkut air dari PMI, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan PDAM Girimenang, Mataram yang berkapasitas rata-rata 5.000 liter, untuk membantu pemenuhan kebutuhan air bersih warga.

Menurut Kopral Kepala (Kopka) Abdul Wahab yang merupakan salah satu sopir mobil pengangkut air mengatakan, pendistribusian air bersih tersebut merupakan program  Kogasgabpad yang dilaksanakan setiap hari, pelaksanaannya  didampingi oleh Babinsa yang ada di masing-masing desa.

Menurutnya, pendistribusian air bersih ini akan terus dilakukan hingga betul-betul warga mencapai kondisi normal sehingga tidak merasa kekurangan air bersih baik untuk minum, memasak, mandi maupun kebutuhan yang lainnya.

“Untuk air bersih itu sendiri awalnya mengambil di tempat lain yang agak jauh, namun saat ini kita ambil dari PDAM Girimenang yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Markas Sektor dan airnya lebih bersih serta layak di konsumsi untuk memenuhi kebutuhan warga,” tandasnya.

Sementara itu, Kasi Gudang PDAM Girimenang Bapak Mahidin mengungkapkan keberadaan aparat TNI sangat dirasakan masyarakat pada saat dan pasca gempa. “Alhamdulillah, TNI yang diperbantukan dari pusat maupun yang ada di Lombok luar biasa sangat membantu masyarakat, karena  kami melihat secara langsung mereka bekerja secara terus menerus tidak mengenal waktu terutama dalam pendistribusian air bersih,” ujarnya.

Dijelaskannya, masyarakat merasa terbantu dan puas atas bantuan droping air yang dilakukan anggota TNI khususnya air bersih untuk kebutuhan minum, memasak, mandi, mencuci dan lainnya.

“Keberadaan TNI dengan masyarakat seperti tidak ada batasan, mereka hadir ditengah-tengah kami yang terkena gempa untuk membantu dan menghibur disaat merasa cemas dan khawatir akibat gempa. TNI teruslah bersama rakyat dengan menyatu tanpa batas,” ungkap Bapak Mahidin.

Sedangkan Bapak Samhudin (48), Buruh lepas, warga Dusun Jeringo Desa Jeringo Kecamatan Gunungsari yang warganya menerima droping air bersih mengucapkan terimakasih atas bantuan TNI dalam mendistribusikan air bersih kepada warganya yang memang membutuhkan, disaat musim kemarau.

“Sekarang musim kemarau, mata air yang ada di Dusun Jeringo ikut juga mengering sehingga kami harus mengambil air bersih di dekat pasar Desa Lilir Kecamatan Gunungsari atau sekitar 2 km dari Dusun Jeringo, dengan kehadiran TNI menyalurkan  air bersih ke Dusun kami sangatlah membantu,” ucapnya.

Sebelumnya Samhudin mengakui dulunya sebelum terjadi gempa bumi ada saluran air dari hutan menggunakan pipa. Namun karena gempa, bak penampungan air yang ada di atas hutan maupun saluran pipanya rusak dan belum bisa digunakan hingga sekarang.

 ■ Rasyid / Penkostrad


COMMENTS

Nama

ARTI MIMPI,5,BISNIS,68,FATWA ULAMA,2,GAYA HIDUP,2,Ilmu Karomah,6,Ilmu Pengasihan,7,Info Animisme,5,Info Ghaib,6,Info Kejawen,11,Info Klenik,11,Info Mistik,6,Info Palmistry,4,Info Paranormal,8,Info Primbon,25,Info Ramalan,3,Info Tahyul,3,Inside SUARA MERDEKA,153,Jaringan IT,2,JARINGAN USAHA UMMAT,6,KESEHATAN,7,KRIMINAL,14,MASJID,14,MENUJU ISTANA,10,MITOS,6,NASIONAL,42,OLAH RAGA,9,OPINI,11,PETUAH,45,PETUAH BIJAK,9,PETUAH GURU,25,PETUAH IT,8,PETUAH PAHLAWAN,7,PETUAH SEHAT,14,PETUAH ULAMA,25,PETUAH WALI,13,PETUAH WANITA,9,PETUAH ZAKAT,4,POLITIK,14,SEPUTAR MASJID,6,SERBA SERBI,39,SUPRANATURAL,4,TAFSIR MIMPI,3,TIPS HIJAB,1,TNI POLRI,147,
ltr
item
SUARA MERDEKA: Personel Kogasgabpad Droping Air Bersih Untuk Warga Lombok
Personel Kogasgabpad Droping Air Bersih Untuk Warga Lombok
Personel Kogasgabpad Droping Air Bersih Untuk Warga Lombok
https://4.bp.blogspot.com/-XIOYXd2D200/W7hgH0pl3OI/AAAAAAAAAdQ/7Rxyu1qR3Z8Sn3ei6OiSzSpcs26HcxUQACLcBGAs/s640/d3.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-XIOYXd2D200/W7hgH0pl3OI/AAAAAAAAAdQ/7Rxyu1qR3Z8Sn3ei6OiSzSpcs26HcxUQACLcBGAs/s72-c/d3.jpg
SUARA MERDEKA
https://www.suaramerdeka.co.id/2018/10/personel-kogasgabpad-droping-air-bersih.html
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/2018/10/personel-kogasgabpad-droping-air-bersih.html
true
7626371693356800895
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KANAL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy