Nasihat untuk Wanita yang Telat Nikah

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga ...


Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Seorang gadis muslimah (29 tahun) belum bertemu jodohnya. Kekhawatiran menggelayuti hatinya. Ditambah lagi, ia masih memiliki seorang kakak wanita yang juga belum menikah. Apa yang harus dia lakukan supaya Allah segera mendatangkan suami untuknya?

Kewajiban wanita muslimah ini adalah bersabar dan terus berharap kepada Allah. Wajib diketahui, semua urusan ada di tangan Allah ‘Azza awa Jalla. Ditundanya jodoh –boleh jadi Allah sudah siapkan kebaikan yang lebih besar untuknya. Hadirkan harapan baik dan tenangan diri dalam berharap kepada Allah. Jika muncul rasa gundah dan galau, perbanyak membaca dzikir dan berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan. Sibukkan diri dengan ibadah dan amal-amal shalih untuk menghindarkan diri dari kegalauan tersebut. Jangan lupakan doa penangkal rasa gundah dan galau seperti yang diajarkan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam,
"Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba laki-laki-Mu, dan anak hamba perempuan-Mu. Ubun-ubunku berada di tangan-Mu. Hukum-Mu berlaku pada diriku. Ketetapan-Mu adil atas diriku. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau namakan diri-Mu dengannya, atau Engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seorang dari makhluk-Mu, atau yang Engkau rahasiakan dalam ilmu ghaib yang ada di sisi-Mu, agar Engkau jadikan Al-Qur'an sebagai penyejuk hatiku, cahaya bagi dadaku dan pelipur kesedihanku serta pelenyap bagi kegelisahanku." (HR. Ahmad dan selainnya)
Masih banyak lagi doa-doa selainnya untuk menghilangkan gundah dan gulana. Membaca Al-Qur'an juga salah satu sarana terbaik untuk menguatkan keyakinan dan mendatangkan ketenangan diri.

Wajib diketahui bahwa semua urusan ada di tangan Allah. Diperolehnya manfaat dan dihindarkan dari mudharat, berasal dari Allah Ta’ala. Yang bisa mengeluarkan seseorang dari kesulitan hanya Allah semata. Karenanya, apabila seseorang tertimpa musibah agar segera ‘lapor’ kepada Allah. Merendahkan diri dan berdoa kepada-Nya untuk memperoleh yang diinginkan atau dihilangkan dari yang tak disuka.

Allah Subahanahu wa Ta'ala berfirman,

“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudaratan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.” (QS. Al-Nahl: 53)

“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?  Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).” (QS. Al-Naml: 62)
Allah adalah tempat hamba meminta pertolongan. Jika ia menghadap Allah dengan memurnikan harapan dan rasa butuh hanya kepada-Nya, ia jaga makanan, minuman, pakaian, dan papannya dari sumber haram maka doanya akan dikabulkan. Ini berlaku untuk semua kondisi, termasuk bagi wanita yang telah jodohnya tadi.

Apabila seseorang sudah berdoa kepada Allah namun ia belum melihat hasil doanya, ia harus yakin, bahwa Allah menyimpan ijabah doanya di akhirat. Atau dengan doa itu Allah hindarkan dirinya dari musibah yang lebih besar dari apa yang dimintanya. Jangan sampai ia putus asa, kapok, lalu meninggalkan doa.

Allah sangat suka kepada orang yang berdoa kepada-Nya dengan merengek-rengek, berharap dikabulkan, dan yakin akan dikabulkan. Karenanya Allah Ta’ala berfirman,
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)
Ya, siapa yang berharap kepada Allah hendaknya ia sambut seruan-Nya –taati perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya- dan yakin akan dikabulkan.

Lalu ia pilih waktu-waktu yang mustajab. Di antaranya, sepertiga malam terakhir, di penghujung hari Jum’at, di antara khutbah Jum’at imam sampai shalat, antara adzan dan iqomah, saat turun hujan, dan selainnya.

Memperbanyak doa dan menghaturkan keinginan kepada Allah saat sujud termasuk salah satu sebab dikabulkan doa. “Adapun sujud, maka perbanyak doa di dalamnya, besar harapan akan lebih dikabulkan,” hadits shahih.

Begitu juga posisi di tahiyat akhir, ba’da tasyahhud sebelum salam, juga kesempatan baik untuk berdoa. Maka manfaatkan ini untuk meminta pertolongan Allah agar dipertemukan dengan pasangan yang shalih. Wallahu A’lam.
Sumber : Abu Amjad

COMMENTS

Nama

ARTI MIMPI,5,BISNIS,76,FATWA ULAMA,2,GAYA HIDUP,2,Ilmu Karomah,6,Ilmu Pengasihan,7,Info Animisme,5,Info Ghaib,6,Info Kejawen,11,Info Klenik,11,Info Mistik,6,Info Palmistry,4,Info Paranormal,8,Info Primbon,26,Info Ramalan,3,Info Tahyul,3,Inside SUARA MERDEKA,167,Jaringan IT,2,JARINGAN USAHA UMMAT,6,KESEHATAN,9,KRIMINAL,19,MASJID,17,MENUJU ISTANA,10,MITOS,6,NASIONAL,46,OLAH RAGA,12,OPINI,11,PETUAH,45,PETUAH BIJAK,9,PETUAH GURU,26,PETUAH IT,8,PETUAH PAHLAWAN,7,PETUAH SEHAT,14,PETUAH ULAMA,28,PETUAH WALI,13,PETUAH WANITA,10,PETUAH ZAKAT,4,POLITIK,15,SEPUTAR MASJID,6,SERBA SERBI,47,SUPRANATURAL,4,TAFSIR MIMPI,3,TIPS HIJAB,1,TNI POLRI,152,
ltr
item
SUARA MERDEKA: Nasihat untuk Wanita yang Telat Nikah
Nasihat untuk Wanita yang Telat Nikah
https://2.bp.blogspot.com/-B0FuoQe3gQw/WZGwKwssllI/AAAAAAAAAVU/r_CBHqWevPsJShhZb8lQfibw9fJYOZ3mgCLcBGAs/s640/telat%2Bnikah.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-B0FuoQe3gQw/WZGwKwssllI/AAAAAAAAAVU/r_CBHqWevPsJShhZb8lQfibw9fJYOZ3mgCLcBGAs/s72-c/telat%2Bnikah.jpg
SUARA MERDEKA
https://www.suaramerdeka.co.id/2017/08/nasihat-untuk-wanita-yang-telat-nikah.html
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/2017/08/nasihat-untuk-wanita-yang-telat-nikah.html
true
7626371693356800895
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KANAL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy