Liburan ke Bandung, Tak Lengkap Sebelum Berkunjung ke Masjid Raya Bandung

Libur ke Bandung, tak akan lengkap kalau belum ke Masjid Raya Bandung. Bagi seorang muslim, berkejunjung ke masjid yang berlokasi di Jalan...

Libur ke Bandung, tak akan lengkap kalau belum ke Masjid Raya Bandung. Bagi seorang muslim, berkejunjung ke masjid yang berlokasi di Jalan Dalem Kaum No 14 itu agaknya kudu, agar tak penasaran.

Masjid Raya Bandung merupakan tempat ibadah umat Muslim terbesar di Jawa Barat. Pasalnya, Masjid ini memiliki luas bangunan 8.575 m2, karenanya mampu menampung sekitar 13 ribu jamaah.

Sebelum dikenal sebagai Masjid Raya Bandung, dulunya tempat ini lebih populer dengan sebutan Bale Nyungcung.

Dalam catatan yang ada di DKM Masjid Raya, tercatat masjid ini berdiri pertama kali pada  1812. Bangunan masjid ketika itu masih berupa panggung tradisional yang sederhana, bertiang kayu, berdinding anyaman bambu, beratap rumbia dan dilengkapi sebuah kolam besar sebagai tempat mengambil air wudu.

Fungsi masjid ini sangat penting dalam tatanan massa bangunan di lingkungan alun-alun. Masjid Agung merupakan pusat kegiatan spiritual dengan berbagai aktivitas mulai dari salat berjamaah, mengaji, ceramah, diskusi agama, memperingati hari keagamaan seperti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mi’raj, Salat Ied hingga tempat melangsungkan akad nikah.

Sejak didirikannya, Masjid Agung telah delapan kali dirombak selama abad ke-19. Kemudian, masjid dirombak lima kali pada abad 20. Pada 1826, bangunan Masjid Agung secara berangsur-angsur diganti menjadi bangunan berkonstruksi kayu.

Selang 24 tahun kemudian, bangunan di kawasan alun-alun diganti dengan bangunan tembok batu-bata dan atap genting atas prakarsa Bupati R.A. Wiranatakoesoemah IV.

Tak hanya itu, Masjid Agung kala itu sudah dilengkapi pagar tembok di sekeliling masjid setinggi kurang lebih dua meter bermotif sisik ikan yang merupakan gaya ornamen khas Priangan. Beberapa waktu kemudian penampilan masjid berubah menjadi beratap tumpang susun tiga seperti Bale Nyungcung, berpintu gerbang dan berhalaman luas.

Baru pada 1900, Masjid Agung dibuat lebih representatif, lengkap dengan ciri khusus seperti masjid tradisional pada umumnya, yaitu bentuk segi empat dan atap tumpang susun tiga, serta dilengkapi mihrab, pawestren, bedug, kentongan dan kolam, tetapi belum dilengkapi dengan menara.

Arsitek Maclaine Pont merancang Masjid Agung dilengkapi dengan serambi (pendopo) depan dan sepasang menara pendek beratap tumpang susun di kiri dan kanan bangunan pada 1930.

Pada masa kemerdekaan, Masjid Agung Bandung yang juga sering disebut Kaum Bandung dipandang sebagai masjid yang paling cocok untuk dikatakan sebagai Masjid Ibu Kota Propinsi Jawa Barat.

Lalu, pada tahun 1955 Masjid Agung dirombak total. Perombakan terjadi menjelang Konferensi Asia Afrika pada tahun tersebut. Berdasar rancangan Presiden RI ke-1, Soekarno, kubah yang berbentuk nyuncung diubah menjadi kubah persegi empat bergaya Timur Tengah. Bentuknya seperti bawang.

Selain itu, menara di kiri dan kanan masjid serta pawestren berikut teras depan dibongkar sehingga masjid terdiri dari sebuah ruangan besar dengan halaman yang sangat sempit. Masjid Agung Bandung dengan wajah baru ini digunakan untuk salat para tamu peserta KAA.

Kubah berbentuk bawang rancangan Soekarno hanya bertahan sekitar 15 tahun. Kubah itu rusak karena dihajar angin kencang dan kemudian diperbaiki pada 1967. Kubah bawang itu akhirnya diganti dengan kubah baru pada 1970.

Perubahan drastis tampak pada atap. Atap tumpang susun tiga yang dipakai sejak tahun 1850 diubah menjadi kubah model atap bawang bergaya Timur Tengah. Kedua menara pendek dibongkar, serambi diperluas, ruang panjang di kiri kanan masjid dijadikan satu dengan bangunan induk. Sebuah menara tunggal didirikan di halaman depan masjid sebelah selatan.

Kelebihan Masjid Agung Bandung tampak lebih menonjol ketika itu karena dari masjid ini tidak hanya terdengar suara alunan azan salat, tapi juga gemuruhnya suara orang-orang yang sedang menuntut ilmu mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai kakek nenek.

Perombakan total kembali dilakukan pada 2001. Pemerintah mencoba mengembalikan keagungan masjid yang nyaris tenggelam oleh aktivitas masyarakat sekitarnya. Perombakan yang diilhami oleh Masjid Nabawi di Madinah ini, mengubah Masjid Agung menjadi bangunan yang tidak hanya indah, tetapi juga nyaman dan aman.

Dan pada tahun 2003, pembangunan Masjid Agung diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, H.R. Nuriana. Namanya pun menjadi Masjid Raya Bandung karena secara resmi menjadi masjid Provinsi Jawa Barat.

Kini, Masjid Raya Bandung berdiri megah dan tampak eksotik dengan kehadiran menara kembarnya. Dengan luas tanah keseluruhan mencapai 23.448 m² dan luas bangunan 8.575 m², Masjid Raya Bandung dapat menampung sekitar 13.000 jamaah.

Sumber : DKM Masjid Raya Bandung

COMMENTS

Nama

ARTI MIMPI,5,BISNIS,76,FATWA ULAMA,2,GAYA HIDUP,2,Ilmu Karomah,6,Ilmu Pengasihan,7,Info Animisme,5,Info Ghaib,6,Info Kejawen,11,Info Klenik,11,Info Mistik,6,Info Palmistry,4,Info Paranormal,8,Info Primbon,26,Info Ramalan,3,Info Tahyul,3,Inside SUARA MERDEKA,167,Jaringan IT,2,JARINGAN USAHA UMMAT,6,KESEHATAN,9,KRIMINAL,19,MASJID,17,MENUJU ISTANA,10,MITOS,6,NASIONAL,46,OLAH RAGA,12,OPINI,11,PETUAH,45,PETUAH BIJAK,9,PETUAH GURU,26,PETUAH IT,8,PETUAH PAHLAWAN,7,PETUAH SEHAT,14,PETUAH ULAMA,28,PETUAH WALI,13,PETUAH WANITA,10,PETUAH ZAKAT,4,POLITIK,15,SEPUTAR MASJID,6,SERBA SERBI,47,SUPRANATURAL,4,TAFSIR MIMPI,3,TIPS HIJAB,1,TNI POLRI,152,
ltr
item
SUARA MERDEKA: Liburan ke Bandung, Tak Lengkap Sebelum Berkunjung ke Masjid Raya Bandung
Liburan ke Bandung, Tak Lengkap Sebelum Berkunjung ke Masjid Raya Bandung
https://4.bp.blogspot.com/-kV58N6dgr5A/WVOX2GvycwI/AAAAAAAAAPw/2xCzI-szAp8tYRgan6dQhIV016g9DmsLQCLcBGAs/s400/IMG_20160716_030016.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-kV58N6dgr5A/WVOX2GvycwI/AAAAAAAAAPw/2xCzI-szAp8tYRgan6dQhIV016g9DmsLQCLcBGAs/s72-c/IMG_20160716_030016.jpg
SUARA MERDEKA
https://www.suaramerdeka.co.id/2017/06/liburan-ke-bandung-tak-lengkap-sebelum.html
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/
https://www.suaramerdeka.co.id/2017/06/liburan-ke-bandung-tak-lengkap-sebelum.html
true
7626371693356800895
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KANAL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy